BeritaUncategorized

Cara Mudah Menghemat Baterai Huawei Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mudah Menghemat Baterai Huawei Tanpa Aplikasi Tambahan, Huawei merupakan salah satu brand smartphone di tanah air yang memiliki banyak peminatnya. Peminat Huawei bukan sekedar tergiur akan kualitas yang dimiliki oleh smartphone tersebut, tapi juga harganya yang ramah dikantong membuat Huawei dipilih. Sebuah smartphone android, rasanya sudah bukan hal yang baru lagi apabila memiliki masalah dengan baterai boros. Ternyata masalah baterai boros ini dapat terjadi karena kita salah dalam penggunaan android. Berikut daftar inilah cara menghemat baterai tanpa aplikasi tambahan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini


1. Mode Hemat Daya
Penghematan baterai menggunakan fitur mode hemat daya, ternyata hal ini sangat mempengaruhi pemakaian baterai android. Bila mengaktifkan auto power saving mode ini bukan sekedar menghemat baterai huawei saja, namun juga sangat membantu ketika low batt sedang melanda. Secara otomatis layar ponsel akan meredup serta menutup aplikasi yang tidak dipergunakan. Baterai akan mampu bertahan lebih lama.

2. Matikan Konektivitas yang Tidak Perlu
WiFi atau koneksi lainnya setelah tidak dipergunakan. Memang sangat terlihat sepele, tapi bila tidak mematikannya nanti koneksi tersebut akan terus mencari serta memakan daya baterai secara terus-menerus. Oleh karena itu cara mudah menghemat baterai smartphone huawei supaya tidak boros dan tahan lama yaitu dengan matikan bila tidak dipergunakan, dapat dimatikan melalui layar utama atau pengaturan.

3. Gunakan Wallpaper Gelap
Layar android memang menjadi salah satu penyebab baterai huawei cepat habis, oleh karena itu kita harus merawat layar dengan baik. Menggunakan wallpaper animasi memang sangat menarik serta membuat ponsel semakin keren, tapi baterai yang diperlukan akan jauh lebih banyak. Kombinasi warna wallpaper ternyata juga berpengaruh pada baterai, semakin cerah maka daya baterai yang diperlukan akan semakin banyak. Cara supaya awet dan tahan lama baterai smartphone android Huawei yakni dengan memilih sebuah wallpaper yang static bukan seperti gambar animasi dengan warna yang gelap untuk memperkecil daya baterai yang diperlukan.

4. Aplikasi
Memiliki banyak aplikasi memang memudahkan hidup kita dalam berbagai hal, bukan sekedar mudah dalam mengakses media sosial saja, namun juga mudah dalam bermain game, edit foto dan masih banyak lagi. Akan tetapi tahukah kalian, bahwa semakin banyak aplikasi yang ada di android maka daya serap baterai akan semakin besar. Terlebih lagi bila semua aplikasi ini dalam keadaan on atau aktif, bukan hanya menghisap baterai secara besar, juga dapat membuat ponsel advan mengalami lag. Cara untuk membuat baterai android tahan lama serta awet dengan selektif memilih aplikasi. Pilih yang diperlukan saja dan jangan lupa menutupnya bila sudah tidak dipergunakan.


5. Mengatur Kunci Layar
Masih berhubungan dengan layar, kunci layar atau sleep display memang terlihat sepele namun sangat mempengaruhi baterai. Semakin lama layar terjaga, maka akan otomatis daya baterai semakin banyak serta membuatnya menjadi boros. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita mengatur sleep display secepat mungkin, dalam pengaturan ada banyak pilihan waktu untuk mengunci layar. Mulai dari yang terlama 30 menit hingga tercepat 15 detik. Lebih baik memilih waktu tercepatnya yakni 15 detik, agar baterai huawei awet dan hemat.

6. Mengatur Tingkat Kecerahan
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tadi, bahwa layar android menjadi penghisap baterai terbesar pada android. Secara otomatis kecerahan atau brightness akan mempengaruhi penggunaan baterai. Logikanya semakin cerah layar android, maka semakin banyak pula daya yang diperlukan. Cara mengatasi baterai smartphone huawei yang boros yaitu dengan mengatur secara manual kecerahan pada layar android, semakin redup layar maka sedikit daya yang diperlukan dan menghemat baterai.

7. Mengatur Suara dan Getar Ponsel
Hal sederhana namun sangat mempengaruhi daya baterai android Huawei yaitu suara dan getar. Notifikasi atau pemberitahuan yang masuk sering kali membuat ponsel bergetar sekaligus berdering. Bayangkan saja bila kita memiliki banyak notifikasi yang masuk padahal semua notifikasi tersebut belum tentu penting bagi kita? Ponsel akan terus berbunyi bukan?


Cara menghemat baterai android tanpa aplikasi cukup menonaktifkan suara dan getar yang ada. Misalnya saja notifikasi tentang media sosial, berita, Gmail, atau yang lainnya. Cukup menghidupkan suara maupun getar pada telephone masuk saja, dengan begitu baterai akan lebih hemat daya.

8. Membersihkan Cache
Tips menghemat baterai android selanjutnya adalah dengan membersihkan file sampah. Penggunaan internet setiap harinya akan menghasilkan file sampah, file sampah dapat mempengaruhi daya baterai. Supaya semakin hemat menggunakan baterai smartphone huawei kita harus, selalu membersihkan history browsing, cache, atau file sampah yang lainnya. Paling tidak bersihkan file sampah ini seminggu sekali agar daya baterai semakin hemat.

9. Widget
Menggunakan fasilitas widget yang terdapat pada layar home, memang kita dimudahkan untuk mengakses berbagai aplikasi tanpa harus membuka dari menu. Widget seperti cuaca, media sosial layaknya Line, Twitter, Facebook, BBM, atau yang lainnya akan memperbaharui dengan otomatis. Sehingga akan memperlukan banyak daya dan itu menjadinya lebih boros baterai sebaiknya kurangi widget tersebut dan pilihlah yang dirasa sangat penting saja.

10. Pemberitahuan Sleep Display
Masih berhubungan dengan pemberitahuan yang masuk pada ponsel, untuk mempermudah kita melakukan pengecekan notifikasi apa yang masuk, kita dapat menggunakan fitur ini. Berbekal fitur ini, kita tetap dapat mengetahui notifikasi yang masuk tanpa membuka kunci layar. Bagi para pengguna Huawei bersistem operasi Lollipop, akan lebih mudah menggunakannya.


Tips menghemat baterai huawei ini bisa kamu terapkan pada Huawei Mate 9, Huawei P8, Huawei Y7, Huawei Honor 9, Huawei P10, dan seri lainnya.

Itulah beberapa tips cara menghemat baterai huawei agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini ke teman-teman kalian ya.