BeritaUncategorized

Cara Mudah Downgrade iOS 11 Beta ke iOS 10.3.2 2017

Cara Mudah Downgrade iOS 11 Beta ke iOS 10.3.2 2017, Sudah mencoba iOS 11 Beta serta menemukan banyak bug system atau error yang mengganggu? Anda bisa melakukan downgrade atau turun ke iOS 10.3.2 atau iOS 10 versi terbaru, sembari menunggu iOS 11 hadir untuk pengguna umum di perangkat yang mendukung. Bagaimana cara melakukan downgrade dari iOS 11? Simak tutorialnya selengkap berikut ini


PERSIAPAN DOWNGRADE IOS 11 BETA KE IOS 10.3.2

Ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan untuk melakukan downgrade iOS 11 Beta ke iOS 10.3.2, berikut ini daftarnya:
  1. Komputer Windows atau Mac dengan iTunes terbaru dan koneksi internet yang stabil.
  2. File IPSW dari iOS 10.3.2 untuk device yang ingin melakukan downgrade. Silahkan unduh dari laman ipsw.me atau website lain yang anda biasa gunakan.
  3. Kabel Lightning untuk menghubungkan perangkat iOS serta komputer.
  4. Matikan pengaturan Find My iPhone di perangkat iOS lewat Settings – Apple ID – iCloud.

Lanjut untuk cara downgrade, ada 2 metode yang bisa anda lakukan. Yaitu downgrade tanpa kehilangan data atau downgrade dengan kehilangan data alias Restore.

DOWNGRADE TANPA KEHILANGAN DATA


Buka iTunes, hubungkan komputer dengan perangkat iPhone menggunakan kabel data.
Di aplikasi iTunes silahkan masuk ke informasi perangkat iOS dengan menekan ikon iPhone ataupun iPad di bagian kiri atas.

Masuk ke tab Summary di bagian kiri layar lalu tekan Check for Updates sambil menahan tombol Option (Mac) atau Shift (Windows).

Pilih file IPSW yang tadi sudah anda unduh.

Proses update ke iOS 10.3.2 akan berjalan serta tunggu hingga selesai.

Cara di atas bisa saja menyebabkan beberapa aplikasi mengalami error. Namun sebagian pengguna lainnya tidak mengalami masalah tersebut.

Jika anda sudah mencadangkan data di iTunes serta melakukan proses Archive sebelum naik ke iOS 11, silakan Restore dengan cara kedua untuk menghapus data di perangkat tersebut serta lakukan mode Restore from Backup. Berikut ini panduannya:

DOWNGRADE DENGAN KEHILANGAN DATA, RESTORE


Buka iTunes, hubungkan komputer dengan perangkat iPhone melalui kabel data.
Di aplikasi iTunes silahkan masuk ke informasi perangkat iOS dengan menekan ikon iPhone atau iPad di bagian kiri atas.

Masuk ke tab Summary di bagian kiri layar lalu tekan Restore iPhone sambil menahan tombol Option (Mac) atau Shift (Windows).
Pilih file IPSW yang tadi sudah anda unduh.

Proses restore ke iOS 10.3.2 akan berjalan dan tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai anda akan menemukan perangkat iOS dengan kondisi selesai Restore yang menunjukkan layar dengan tulisan Hello.

Untuk mengembalikan data dari hasil Archive di iOS 10.3.2 yang sebelumnya pernah dilakukan, silahkan ikuti panduan Restore from Backup yang tampil di layar iTunes.

Sebagai tambahan catatan, anda tidak perlu panik jika mengalami kendala saat proses Restore. Silahkan kembali ulangi langkah Restore via iTunes dengan mengkatifkan Recovery Mode atau DFU Mode pada perangkat tersebut. Jika masih belum berhasil, coba baca panduan dari Apple berikut ini.


Jika anda belum mencoba iOS 11 Beta, sudah menjelaskan bahwa anda sebaiknya tidak mencoba hal tersebut. Selain karena belum stabil, update iOS 11 sejatinya ditujukan untuk para pengembang yang ingin mencoba beragam fitur baru dalam hal melakukan pengembagan aplikasi. Apakah anda sudah berhasil melakukan downgrade iOS 11 ke iOS 10.3.2? Bagikan pengalaman anda mencoba downgrade tersebut di kolom komentar ya!
BACA JUGA :  Lolita, Jenis Hero Dalam Game Mobile Legends