BeritaUncategorized

Cara Mengatasi Laptop Overheat Atau Panas Berlebih Dengan Akurat

Setiap benda elektronik pasti akan terasa panas ketika digunakan, termasuk laptop. Panasnya itu wajar, tapi bisa tidak wajar dan akhirnya disebut dengan overheat. Ketika ovearheat, laptop tersebut bisa mengalami kerusakan fatal.
Terus, bagaimana cara melihat laptop yang overheat? Kemudian, bagaimana cara memperbaiki laptop yang overheat? Sabar, Jaka akan kupas tuntas seperti apa cara untuk melakukannya.

100% Work! Cara Melihat dan Mengatasi Laptop yang Overheat

cara mengatasi laptop overheat 1
Cara periksa temperatur laptop yang overheat itu sebenarnya mudah. Kamu hanya perlu download software HWiNFO. Di situ, kamu akan melihat secara detail termal setiap elemen komputer kamu.
Dengan demikian, kamu bisa memantau dan memonitori temperatur laptop. Terus, bagaimana cara memperbaiki laptop yang overheat?

1. Underclock VGA

cara mengatasi laptop overheat 2
Untuk mengatasi laptop overheat, lebih baik kamu underclock VGA gaming kamu deh. Proses ini akan memakan kurang lebih dua menit untuk melakukannya. Kamu bisa melakukannya dengan software seperti MSI Afterburner. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi intensitas panasnya.

2. Ganti Mode Performa di BIOS

cara mengatasi laptop overheat 3
Kebanyakan dari laptop zaman sekarang itu sudah canggih. Pasalnya, kamu sudah dapat merubah mode performa CPU laptop kamu. Caranya, kamu bisa melakukannya dengan masuk ke BIOS, kemudian kamu tinggal masuk ke CPU and Fan Performance Modes. Selesai deh, laptop kembali normal.

3. Bersihkan Area Kipas Pembuangan

cara mengatasi laptop overheat 4
Biasanya, di sisi-sisi laptop pasti ada kipas untuk membuang udara hangat yang berada di dalam. Nah, kebanyakan juga itu sudah kotor, akibatnya laptop menjadi overheat karena udara panas tidak keluar secara sempurna. Maka dari itu, rajin-rajin ya membersihkannya.
Akhir Kata
Itu dia cara melihat laptop yang overheat serta cara mengatasi laptop overheat. Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Laptop atau tulisan menarik lain dari Saya.