Uncategorized

Cara Mengatasi HP Bootloop dan Tipe Bootloop

Cara Mengatasi HP Bootloop – Secanggih apapun ponsel yang Anda miliki, terkadang masih mengalami permasalahan, seperti sebut bootloop, yaitu : salah satu masalah yang sering terjadi pada sebagian pengguna android, sebab senang mengoprek sistem pada ponselnya. Ini bisa menimpa untuk semua tipe smartphone semodern apapun fitur. Boleh dibilang itu kesempurnaan sekaligus kekurangan dari OS android.
cara mengatasi bootloop

Mengalami kerusakan Bootloop pada hp android kita tentunya sangat menyebalkan sekali, hal tersebut membuat kita bingung bagai mana cara mengatasinya, mau tidak mau kita harus memperbaiki hp kita ketempat service hp. Sebelum membawak hp Anda kelayanan sevice tidak salah nya kita mengtahui tipe bootloop di bawah ini dan cara mengatasinya :

Cara Mengatasi HP Bootloop

Ada tiga tipe bootloop seperti : 

1.Android Light Bootloop

Ciri khasnya mendadak berhenti pada proses booting, terjadinya black screen selama beberapa saat, atau justru hanya muncul logo ponsel saja di layar. Kesalahan ini biasanya ada ketika menginstal aplikasi, bermain game, mengutak-atik sistem utama.

2.Android Medium Bootloop

Akibat mencoba mengubah sistem android dengan cara memasuki rescovey mode, di mana hal itu dipercaya mampu mengatasi permasalahan yang ada di sistem perangkat android. Terjadi saat rooting, menginstal script, dan sebagainya sebab tidak hati-hati.

3.Android Hard Bootloop

Dipicu dari kegagalan up-grade sistem operasi Android, dan penggantian stock ROM, yang berujung pada proses booting yang tidak normal pada perangkat.

Dan berikut cara mengatasi anroid bootloop untuk masing-masing tipe permasalahan :

  • Mencabut kartu memori setelah ponsel dimatikan, kartu operator, dan baterai. Setelah itu didiamkan selama 30 menit atau 24 jam, kemudian pasang semua lalu hidupkan. Perhatikan apakah booting. Jika masih bermasalah, ikuti cara kedua berikut ini.
  • Bersihkan file cache pada sistem memori android–masuklah ke menu recovery mode, tapi setiap tipe android berbeda. Langkahnya : tekan tombol power + volume down beberapa saat sampai muncul tampilan logo ponsel pada layar. Kemudian lepaskan akan muncul menu recovery mode lalu pilih menu advanced, pilih wipe dalvik cache. Setelah itu pilih mounts & storage, lalu opsi wipe/cache. 
  • Metode wipe cache partition yang digunakan membersihkan file cache pada partisi, caranya sama dengan recovery mode. Biasanya ini untuk mengatasi tipe bootloop medium atau sedang. Caranya : tekan tombol power + volume beberapa saat sampai muncul tampilan logo pada layar ponsel. Setelah itu lepaskan dan akan muncul menu recovery mode, pilih wipe cache partition, bila ada kata konfirmasi tekan yess. 
  • Metode wipe data atau factory resert digunakan pada tipe permasalahan ketiga yakni hard bootloop, atau untuk menghapus virus android paling berbahaya yang menjangkiti perangkat. Cara ini juga dapat digunakan untuk menghapus akun GMAil di ponsel. Sebelum melakukan, terlebih dahulu backup semua file yang tersimpan dalam memory eksternal dan internal smartphone. Simpan di tempat penyimpanan terpisah, misalnya harddisk ekesternal. Langkahnya : tekan tombol power + volume down lalu tunggu hingga ada tampilan logo di layar ponsel. Lepaskan kedua tombol tersebut akan muncul menu recovery mode. Pilih menu backup & storage lalu pilih backup. Lanjut pilih wipe data/factory reset. Jika muncul notifikasi tekan yess. Selesai!
  • Flashing atau instal firmware atau ROM, ini cara terakhir. Namun sebelum melakukan pastikan sudah memiliki hal tersebut sesuai tipe ponsel yang Anda pakai. Caranya ketik kata kunci yang berkaitan dengan firmware sesuai tipe ponsel. Sebagai contoh misalnya ponsel bermerk Samsung J3 maka yang Anda ketik adalah “firmware samsung j3” sedang untuk tehnik finishing sendiri dapat langsung dari SD Card menggunakan fitur Odin Flashing Tool, komputer atau tehnik lainnya.

Nah, itu tadi beberapa tipe bootloop dan cara mengatasinya, semoga hp sobat kembali normal, bila cara diatas tidak bisa mungkin ada kerusakan yang serius dengan software hp Anda, saran lebih baik ke sevice hp.