Uncategorized

Cara memperbaiki Headset Suara Pecah dengan mudah

Bagi penggemar musik, mendengarkan musik menggunakan headset yang tersambung ke gadget menjadi hal yang seru dan mengasyikkan. Pasalnya, mendengarkan musik dengan memakai headset, kamu bisa menikmati musik lebih maksimal karena tidak terganggu oleh suara bising di lingkungan sekitar.
mengubah suara pecah

Sayangnya, karena terlalu asik mendengarkan musik, banyak pengguna gadget yang abai terhadap kondisi headset yang dipakai. Banyak yang tidak peduli apakan alat pendengaran ini berjalan normal atau tidak. Padahal, kondisi headset mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Lebih buruk lagi, kondisi headset juga bisa mempengaruhi kesehatan bahkan keselamatan penggunanya.

Headset modern saat ini memang terdiri dari headset kanan dan headset kiri. Maka, kondisi kedua bagian ini harus selalu diperhatikan. Pasalnya, akibat headset mati sebelah bisa menyebahkan headset suara pecah hingga headset rusak total.

Baca juga : Cara membobol wifi dengan Apalikasi android terbaik

Selain itu, headset yang suaranya pecah dan berujung mati sebelah juga bisa menyebabkan korsleting. Hal ini terjadi karena semua suara yang keluar berjubel keluar melalui satu bagian saja. Bila headset seperti ini masih dipakai, bisa sewaktu – waktu merusak gendang telinga.

Tidak ada salahnya untuk segera memperbaiki headset suara pecah. Sebab, suara headset yang pecah tentu sangat menggangu dan tidak jelas didengarkan. Berikut cara memperbaiki headset yang bisa kamu coba.

  1. Kamu perlu memahami dahulu penyebab dari headset suara pecah atau mati sebelah. Penyebab paling utama ialah adanya kabel yang terputus. Selain itu juga bisa disebabkan karena membrane speaker yang sudah aus.
  2. Langkah pengecekan, pertama – tama hubungkan headset dengan gadget. Lalu mainkan lagu atau video. 
  3. Dengarkan suara yang dikeluarkan oleh headset dengan kedua telinga kamu. Coba tekuk – tekuk kabel headset sampai menemukan perubahan suara. Apakah suara makin jelas atau makin hilang. 
  4. Jika sudah ketemu bagian kabel yang bermasalah, kamu bisa memotong bagian kabel tersebut.
  5. Potong beberapa cm kabel yang bermasalah, kemudian kupas hingga terlihat kabel kecil. Pisahkan kabel kecil – kecil tersebut kemudian bakar sebagian untuk menghilangkan isolasi pada kabel kecil sehingga dapat diukur menggunakan alat AVo meter. 
  6. Lakukan pengecekan dengan menggunakn AVo meter. Arahkan pengukuran pada bagian ohm meter untuk mengukur tahanan sambungan kabel.
  7. lalu sambungkan kembali. Perhatikan warna kabel saat melakukan penyambungan. Jangan sampai kamu salah menyambung. Karena bisa membuat headset rusak atau korsleting. Setelah itu lakukan pengecekan ulang.
  8. Jika masih pecah, kamu bisa memeriksa kabel bagian ke speaker. Kamu bisa membuka bagian mic pada headset. Cari bagian kabel yang dicurigai bermasalah. jika ada yang putus atau longgar segera sambung kembali dengan solder dan timah.
  9. Untuk mengecek speaker headset yang masih bagus, kamu bisa menghubungkan kedua kaki speaker dengan probe multimeter. Kamu boleh mengetes kaki dengan dibolak – balik. Jika masih dalam keadaan bagus, kalau diukur akan menunjukkan nilai ohm yang rendah.

Jika semua langkah diatas sudah dikerjakan, akan tetapi suara berisik atau pecah masih muncul saat volume dinaikkan, bisa jadi speaker headset sudah tidak presisi pada bagian spul didalamnya. Bisa juga karena daun speaker yang berlubang, sobek dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu perlu mengganti speakernya. Kalau mengganti spul speaker tentu akan sangat sulit karena bentuknya terlalu kecil. Tidak hanya itu, harga spul juga tidak jauh berbeda dengan harga speaker baru.

Oke, silahkan sobat coba acara di atas dengan tahap demi tahap.