Uncategorized

Cara Cepat Menggunakan WhatsApp Live Location di iPhone

Cara Cepat Menggunakan WhatsApp Live Location di iPhone, Fitu baru dari WhatsApp bernama Live Location mulai dikenalkan minggu lalu di laman WhatsApp Blog. Kini fitur tersebut sudah mulai dapat digunakan oleh sejumlah pengguna perangkat iOS dan Android. Berikut ini panduan lengkap untuk menggunakan WhatsApp Live Location!


Sesuai dengan namanya, Live Location bekerja dengan cara melacak serta membagikan sebuah catatan lokasi perangkat yang sedang kamu gunakan secara real-time atau langsung. Salah satu manfaat dari fitur ini yaitu dapat memantau lokasi dari teman atau keluarga kamu yang sedang dalam perjalanan atau dalam kegiatan tertentu.

WhatsApp menjanjikan bahwa fitur ini dibuat dengan sangat aman karena menggunakan metode end-to-end encryption, sehingga hanya kamu dan penerima catatan lokasi ini saja yang dapat membaca data tersebut. Selain bisa digunakan secara personal, WhatsApp Live Location ini juga sudah dapat digunakan pada jendela chat dalam bentuk grup pesan. Berikut inilah ulasan selengkapnya Cara Menggunakan Live Location di WhatsApp

1. Update WhatsApp for iOS ke versi terbaru.

2. Masuk ke salah satu jendela chat, tekan ikon + di kiri atas keyboard dan pilih Location.


3. Tekan tombol Share Live Location dan beri tanda persetujuan di beberapa jendela informasi yang tampil.


4. Pilih durasi penggunaan fitur Live Location yang sedang kamu inginkan. Paling bentar dengan durasi 15 menit, 1 jam hingga 8 jam.

5. Sebelum membagikan catatan Live Location, kamu juga dapat memberikan lampiran pesan, baru kemudian tekan tombol kirim.


6. Pihak penerima catatan Live Location tersebut akan mendapatkan tampilan peta dengan ikon foto akun WhatsApp kamu dan juga beberapa detail catatan navigasi lainnya. Apabila kamu sedang menggunakan fitur ini di dalam grup WhatsApp maupun dengan beberapa orang yang menggunakan Live Location, semua catatan lokasinya akan tampil dalam satu peta saja.


Gunakan dengan Bijak
Catatan penting untuk kamu yang ingin mencoba Live Location, silakan gunakan fitur ini dengan bijak. Adalah dengan menghargai privasi kamu sendiri alias tidak sembarangan memberikan catatan Live Location kepada pengguna lain. Terlebih lagi jika kamu menggunakan fitur ini dalam sebuah grup chat dengan banyak orang, yang mungkin beberapa diantaranya tidak kamu kenal. Pastikan juga untuk mengatur mode berbagi Live Location dalam durasi yang sudah kamu atur seperti (15 menit, 1 jam atau maksimal 8 jam) untuk menghemat penggunaan baterai di perangkat iOS.

Apakah kamu sudah mencoba Live Location di WhatsApp? Bagaimana pendapatmu mengenai fitur tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!