Mengatasi Ransomware WannaCry  – Berbicara tentang Virus Komputer pasti anda sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut.

Wannacry Attack


Beberapa waktu yang lalu, beberapa Negara diteror oleh Virus yang bernama Wanna Cry yang menyerang dan menyebar pada sistem jaringan di Perkantoran, Rumah Sakit dan lain – lain.

Apa sih Virus Wanna Cry itu dan apakah berbahaya?

Wannacript


Berdasarkan Informasi yang ada Virus Wannacry atau Virus Tebusan itu menyerang lebih dari 99 Negara dan menyerang setidaknya 75rb komputer di seluruh dunia dan Sang Pembuat virus tersebut meminta Tebusan sebesar 4 Juta dalam bentuk Uang Online yang disebut BitCoin dan ditulis menggunakan kurang lebih 20 bahasa Untuk mengembalikan komputer sperti Semula.

Virus ini adalah Jenis Virus Exploit Ethernal Blue yang diyakini dikembangkan oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat untuk menyerang komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows.

Virus Wannacry ini telah menyebar di berbagai perusahaan dan Rumah Sakit salah satunya adalah negara kita sendiri Indonesia.

Dampak dan mengatasi Virus WannaCry Tersebut?

Berdasarkan Sumber Informasi yang saya dapatkan dari wikipedia Penyebaran Virus ini mungkin disebabkan oleh kerentanan pertahanan jaringan atau serangan pengelabuan tombak yang sangat bagus.

Saat dieksekusi, malware pertama kali memeriksa “kill switch” nama domain. Jika tidak ditemukan, maka ransomware mengenkripsi data komputer,kemudian mencoba untuk memanfaatkan kerentanan SMB untuk menyebar ke komputer acak di Internet,dan “lateral” ke komputer pada Jaringan wilayah lokal yang sama.

Virus ini dapat menampilkan pesan yang menginformasikan ke pengguna bahwa file komputer mereka telah dienkripsi, dan menuntut pembayaran sekitar $300 dalam mata uang bitcoin dalam waktu tiga hari atau $600 dalam waktu tujuh hari.

Dampak buruk dari Virus Wannacry adalah dapat mengunci Windows sehingga pengguna sama sekali tidak dapat mengakses Komputer Tersebut.

Penanganan

Berdasarkan informasi yang saya ambil dari Liputan6.com tentang penanganan Virus Wannacry adalah sebagai berikut.

  • Format atau Install Ulang Windows

Cara yang direkomendasikan untuk menghilangkan Virus Tersebut adalah dengan cara Install Ulang Sistem Operasi Windows pada komputer anda.

  • Membasmi Virus Wannacry

Basmi dan hapus Virus WannaCry dengan menggunakan Anti Virus Profesional seperti Kapersky dan ESSET Versi terbaru.
Catatan : Lakukan penghapusan dalam Boot ” Safe Mode ” 

Sekian Pembahasan saya tentang Cara Ampuh mencegah Penyebaran Virus Wannacry Pada Komputer, Semoga Bermanfaat.

BACA JUGA :  9 Ram Laptop dan PC Deskop Terbaru Termurah Berkualitas
Previous articlePaket Internet Murah Sedunia, Indonesia ?
Next articleFirmware Asus Zenfone 2 Laser Z00RD