Berita

Banyak Yang Belum Tahu, Ini 5 Alasan Mengapa Acara Buka Aib di TV Banyak Penontonnya

Belakangan ini, tayangan televisi di Indonesia makin banyak didominasi oleh acara-acara reality show. Sayangnya, alih-alih mengedukasi penonton, tayangan reality show tersebut malah mengajarkan hal-hal yang kurang baik. Contohnya saja seperti buka-bukaan keburukan orang lain.

Padahal menurut ajaran agama, membuka aib seseorang atau ghibah adalah suatu dosa besar. Apalagi dilakukan dalam tayangan TV yang ditonton oleh jutaan orang.

Ironisnya, acara buka aib di TV ini seolah menjadi sebuah tren karena memiliki penonton yang tak sedikit. Hal ini terbukti lewat rating acara buka aib yang bisa dibilang cukup tinggi.

Nah kira-kira, kenapa sih acara buka-bukaan aib ini malah lebih laku dibanding acara televisi yang mengedepankan nilai edukasi? Ya, mungkin inilah 5 Alasan Mengapa Acara Buka Aib di TV Banyak Penontonnya.

1. Banyak Orang Penasaran

Sebagai penonton layar kaca, mungkin Kamu sering dibuat penasaran dengan kehidupan si artis di balik dunia entertainment. Apakah mereka menjalani hidupnya seperti orang biasa? Atau punya kehidupan berbeda?

Hal itulah yang coba ditampilkan oleh acara reality show yang sering buka-bukaan aib. Mulai dari aib keluarga, pacar hingga dirinya sendiri.

Lalu, rasa penasaran penonton terhadap kehidupan si artis akhirnya membuat acara-acara buka aib ini menjadi tren dan hampir semua channel TV mencoba membuat tayangan serupa. Tujuannya jelas, demi rating yang tinggi!

2. Dikemas Dramatis

Acara buka aib di TV semakin laku karena dikemas secara dramatis. Misalnya saja, artis A sedang membuka aib tentang artis B di media sosial. Tak terima, artis B lalu membalas dengan membuka aib dari si artis A. Ujungnya, kedua artis ini diundang ke sebuah acara talk show untuk memberi penjelasan tentang perseteruan mereka di media sosial.

Apakah dua artis ini memang sama-sama bertengkar? Di dunia hiburan, kebanyakan perselisihan di media sosial adalah sebuah gimmick atau settingan demi meningkatkan popularitas dari dua artis tersebut. Tentu juga, dengan mengundang dua artis yang sedang bertengkar akan meningkatkan rating acara tersebut.

3. Artis Terkenal

Alasan acara buka aib di TV banyak yang menonton adalah faktor artis itu sendiri. Biasanya, artis yang sering diterpa isu tidak sedap atau sering dibuka aibnya di depan publik adalah artis terkenal dan itu-itu saja. Ada penyanyi dangdut, ada juga MC acara musik, sampai artis transgender. Tinggal pilih deh mau ngikutin kisah-kisah kehidupan dari artis yang mana.

4. Muncul di Jam Prime Time

Alasan lain yang membuat acara buka aib di TV banyak yang menonton adalah karena jam tayang. Jika Kamu perhatikan, acara jenis ini biasanya ditayangkan di jam prime time di mana banyak orang sedang menonton TV.

Waktu prime time sendiri umumnya berada di antara jam 18:00 hingga 22:00 WIB, yang biasanya didahului oleh program berita harian pada jam 17:00.

5. Kurangnya Tayangan Mendidik

Merajalelanya acara buka aib mungkin tak terlepas dari kurangnya tayangan mendidik. Jika Kamu perhatikan, mungkin hanya segelintir saja acara TV sekarang yang punya nilai edukasi tinggi bagi penonton.

Andai hal ini terus terjadi, mungkin televisi Indonesia akan kehabisan acara mendidik karena dikalahkan oleh reality show yang isinya kurang baik bagi penonton.

Tak aneh, jika kebanyakan orang akhirnya meninggalkan televisi dan lebih memilih untuk menonton tayangan di YouTube. Nah, apakah Kamu juga orang yang sudah beralih tontonan ke YouTube? Atau masih setia menyaksikan acara-acara di televisi? Utarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Referensi:
https://www.duniaku.net/2018/04/13/acara-buka-aib-di-tv/