You are here
Home > Apps & OS > Tips & Trick > Apa itu APK dan Bagaimana Cara Menginstalnya

Apa itu APK dan Bagaimana Cara Menginstalnya

Apa itu APK dan Bagaimana Cara Menginstalnya

Jika anda memiliki ponsel Android anda mungkin pernah mendengar dari file APK di beberap tempat, dan mungkin bertanya-tanya “apa sebenarnya adalah file APK?” Memahami ini sangat penting jika Anda ingin men download aplikasi. Disini anda akan belajar apa file APK, bagaimana untuk men download, dan cara menginstalnya.

Sama seperti sistem Windows PC menggunakan file exe untuk menginstal perangkat lunak, Android melakukan hal yang sama. Sebuah file APK adalah format file yang digunakan untuk menginstal perangkat lunak (biasanya game atau aplikasi) dari sistem operasi Android.

Mencari dan men-download file APK memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi yang telah bocor menjelang rilis resmi mereka. (anda juga dapat men-download aplikasi yang telah dilarang, meskipun kami tidak akan merekomendasikan hal ini.) file APK baru Android sering bocor, memberikan anda akses awal untuk semua fitur baru yang menarik yang tidak akan tersedia untuk anda.

Cara Install .apk ke Android Anda
Ada banyak sumber APK file di web, tetapi pastikan untuk memilih situs yang anda percaya. Beberapa file APK mungkin berisi perangkat lunak berbahaya (malware) yang dapat membahayakan keamanan ponsel anda, sehingga yang terbaik adalah untuk berhati-hati sebelum men download atau menginstal aplikasi apapun dari luar Play Store (dan bahkan di Play Store Anda tidak benar-benar aman! ). Secara umum, file APK ditemukan di situs seperti XDA merupakan situs yang aman untuk men download aplikasi android dari pada dari tempat lain, untuk itu pastikan membaca review dari beberapa user disana sebelum men download dan menginstall nya.

Pertama, Anda harus menemukan file APK yang Anda inginkan. Cari online untuk file APK dan download ke lokasi yang mudah anda temukan di komputer Anda (seperti desktop). Sebelum aplikasi di install di Android, Anda perlu memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga diperbolehkan pada perangkat Android anda. Masuk ke Menu> Settings> Security> dan berikan tanda chek di “Unknown Sources” untuk memungkinkan ponsel Anda untuk menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play Store. Jika Anda suka, Anda juga dapat men download aplikasi seperti ES File Explorer sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan file pada perangkat Android Anda.

Setelah men download file di komputer, hubungkan perangkat Android ke PC/Komputer. Kemudian pilih “perangkat media” di Android. Kemudian copy file android yang sudah di download .apk dari komputer ke HP Android.
Langkah selanjutnya adalah cari file yang di copy ke android tadi kemudian klik dan pilih install

Instalasi APK File dari Browser Anda

Anda juga dapat menginstal file APK dari browser HP Android atau tablet Android Anda. Hanya membuka browser, cari file APK yang ingin di download. Setelah di download, buka folder tempat file apk di simpan kemudian klik di file APK dan tekan “ya” saat diminta. Aplikasi ini akan mulai menginstal pada perangkat Anda. Sederhana bukan.

Top