Apps & OS

27 Game RPG Android Terbaik 2018

Game RPG Android merupakan salah satu game yang paling banyak penggemar setianya. Seperti game Final Fantasy atau World of Warcraft. Pemain banyak menghabiskan waktunya untuk meningkatkan kemampuan karakter, mengikuti cerita, dan menikmati permainan.

RPG juga merupakan salah satu genre pertama yang nge hits di Android dan ada banyak game jenis ini tersebar di smartphone Android baik itu online maupun offline. Perlu kamu tahu, bahwa dalam daftar dibawah ini kita akan membahas game RPG Jepang dan RPG standar. Berikut ini 27 game RPG Android Terbaik Terbaru 2018:

1. The Bard’s Tale

The Bard’s Tale memberikan pengalaman RPG yang sangat bagus di android dan menjadi game RPG terbaik untuk saat ini. Game ini merupakan remake dari game lawas di tahun 1980 yang menjadi game RPG populer pada saat itu. Kamu akan memiliki banyak quest, mengupgrade karakter, dan terlibat dalam semua jenis aktivitas gila yang menyenangkan.

Kamu akan menemukan banyak permainan kata dan hal bodoh dari dialognya. Yang berarti kamu bisa menikmati komedi yang akan dihadirkan selama cerita berlangsung. Game ini juga memiliki penghargaan di google play dan penyimpanan cloud.

Game ini memiliki fitur pembelian dalam aplikasi yang memberikanmu bantuan untuk memainkan game lebih mudah. Namun jangan khawatir, karena ini hanya pilihan, kamu tetap bisa mainkannya dengan baik tanpa membeli apapun.

2. Game buatan Beamdog (Empat Seri)

Beamdog merupakan pengembang yang ahli dalam mengubah game PC lama ke Android. Koleksi game buatan Beamdog ada banyak, seperti Baldur’s Gate, Baldur’s Gate II, Icewind Dale, dan Planescape: Torment. Game yang banyak ini memerlukan waktu belasan jam untuk bisa menamatkannya.

Selain itu, game ini menyediakan fitur membangun karakter, quest yang sulit, dan DLC untuk setiap game. Semua itu adalah game RPG tua. Yang berarti ceritanya mendalam, banyak memakan waktu, dan kompleks. Namun, untuk kamu yang menginginkan pengalaman gaming RPG yang biasa sebaiknya tidak memainkan game ini.

3. Doom and Destiny Advanced

Doom and Destiny Advanced adalah sekuel, prekuel dan reboot dari Doom and Destiny sebelumnya. Game ini menyediakan banyak karakter dan tempat seperti sebelumnya tapi ceritanya sangat berbeda (dan bahkan dimensinnya juga), menurut keterangan dari pengembang.

Dibutuhkan waktu 15 jam untuk menamatkannya dengan konten tambahan gratis, banyak dungeon dan rahasia yang bisa ditemukan, dan bahkan mode online co-op. Game ini sangat bagus bagi kalian penggemar RPG dan retro.

4. Etherium: Mage and Minions

Mage and Minions merupakan game RPG gratis. Game ini juga bisa dimainkan offline. Game ini memiliki cerita yang banyak dan konsep pertarungan dengan robot, tengkorak, hewan buas, Iblis, Alien dan masih banyak lagi. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan disini.

Game ini selain RPG juga memiliki elemen Hack and Slash. Seperti game freemium biasanya, kamu akan melakukan sesuatu yang berulang-ulang dan agak membosankan. Namun bagaimanapun juga game ini pada akhirnya tetap menyenangkan.

5. Exiled Kingdoms

Exiled Kingdoms adalah game aksi RPG single player. Game ini merupakan salah satu game RPG yang bukan hanya freemium namun juga bisa dibeli. Game ini menampilkan jalan cerita dimana kamu harus menyelamatkan dunia dari ketakutan akibat bencana sebelumnya. Grafisnya tidak seberapa bagus.

Namun, sistem menunya bagus dan mudah dimengerti. Seperti game RPG pada umumnya, kamu harus mengupgrade karaktermu, menyelesaikan cerita, dan menjelajahi dunia di sekitarmu. Versi gratisnya akan memberimu dua karakter yang bisa dimainkan. Versi penuhnya akan membuka semuanya.

6. Evoland

Evoland merupakan game RPG yang unik yang diambil dari beragam judul game dan diracik menjadi game yang seru. Game ini bergenre aksi-petualangan yang mencakup 2D dan 3D.

Kamu juga akan melakukan pertarungan bergilir dan menyabet pedang, kamu akan membuka serangan baru dan tempat baru yang membawamu ke zaman pertarungan kuno. Konsepnya sangat rapi. Satu-satunya kelemahannya adalah game ini memiliki cerita yang singkat.

7. Fire Emblem Heroes

Fire Emblem merupakan game strategi RPG dari Nintendo. Kamu memulai permainan dengan mengumpulkan beberapa hero lalu mengikuti jalan cerita. Game ini merupakan game gacha yang berarti kamu akan menghabiskan banyak waktumu untuk mengoleksi karakter yang lebih kuat.

Game ini menyediakan banyak item perhiasan dari game Fire Emblem sebelumnya dan jalan ceritanya sangat berbeda dari sebelumnya. Game ini merupakan game freemium yang sangat seru dan mungkin terbaik di jenisnya. Berhati-hatilah untuk bermain game ini, karena akan banyak item yanga akan membuatmu tertarik untuk membelinya.

8. Inotia dan Zenonia

Initia and Zenonia merupakan dua game RPG tua di android. Setiap franchise game ini memiliki sekitar 6 games, setiap gamenya memiliki fitur sendiri yang bertempat di dunia yang berbeda-beda. Itu artinya kamu memiliki banyak pilihan.

Namun, Inotia 4 dan Zenonia 4 telah diupdate cukup baru. Ketiga game tersebut patut untuk dicoba. Game ini sederhana, namun memiliki banyak konten yang akan membatmu tidak henti-henti memainkannya. Game ini juga termasuk freemium yang bisa dodownload gratis.

9. Koleksi game Kemco 

Sebelum Square Enix meluncurkan game RPG klasiknya, sudah ada satu pengembang RPG Jepang yang sangat bagus di Android bernama Kemco. Studio ini ahli dalam membuat game RPG dan saat ini memiliki lusinan game di koleksinya.

Game yang populer diantaranya Symphony atau Origin, Machine Knight, Covenant of Solitude, the Alphadia Saga, dan masih banyak lagi. Sejauh ini, tidak ada game buatannya yang buruk, ceritanya unik dan gameplaynya mengagumkan.

10.Knights and Pen Paper +1

Knights of Pen and Paper adalah game yang memiliki konsep unik karena game ini berada di dalam game. Kamu akan bermain sebagai pejuang di pulpen dan kertas dunia RPG yang mengendalikan karakter dan kamu bahkan mendapat kesempatan untuk bermain sebagai master dungeon.

Karakter ini akan mebuatmu bisa mengendalikan sesuatu seperti kamu ingin memutuskan bertarung atau tidak di game. Tempat game ini sungguh unik dilengkapi dengan banyak konten yang bisa dinikmati. Edisi +1 memberikan konten tambahan untuk membantumu mengumpulkan exp. Game ini merupakan game paling unik di daftar game RPG android terbaik kali ini.

11. Pixel Dungeon

Pixel Dungeon merupakan game RPG open source. Itu berarti kode game disebarkan untuk semua orang yang ingin mengetahuinya. Karena hal tersebut, ada beberapa versi game ini tersedia di Google Play. Beberapa versi bagusnya antara lain Another Pixel Dungeon, Shattered Pixel Dungeon, dan Remixed Pixel Dungeon.

Tentu saja yang asli paling menyenangkan. Game ini sangat menantang. Kamu akan menjadi pemburu dungeon yang bertugas berkeliling, mecari harta karun, dan masih banyak lagi. Game ini gratis semua dengan pilihan donasi jika kamu mau mendukung game ini. Game ini sangat cocok bagi kalian yang tidak suka mengeluarkan uang untuk game.

12. Sorcery 1-4

Sorcery merupakan seri game RPG berperingkat tinggi. Ada teks semu di alam, game ini sering dibandingkan dengan dengan permainan novel bergambar dan hasilnya cukup mirip. Game ini menghadirkan dunia terbuka yang bisa kamu jelajahi dan bahkan kamu bisa menjelajahi waktu.

Kamu juga membuat banyak keputusan yang menentukan bagaimana jalan cerita game ini nantinya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dan bisa dipastikan akan memberi pengalaman yang berbeda di Android. Game ini memiliki 4 seri yang berurutan.

13. Koleksi Game Square Enix 

Square Enix telah mengerjakan proyek untuk merilis koleksi game RPG nya di Android selama beberapa tahun terakhir. Untungnya, game tersebut sama fantastisnya dengan game sebelumnya. Gamenya antara lain Final Fantasy I-VII, Dragon Quest I-VI (dan VIII), Secret of Mana, Adventur of Mana, dan masih banyak lagi.

Ada juga yang khusus untu ponsel seperti Final Fantasy Brave Exvius dan Mobius Final Fantasy. Kamu bahkan bisa memilih strategi RPG seperti Heavenstrike Rivals and Final Fantasy Tactics: War of the Lion.

Koleksi pengembang game ini sangat banyak dan kamu bisa menemukan berbagai jenis gamenya mulai dari freemium sampai sekali bayar. Kalau kamu penggemar game RPG jepang kamu harus coba game yang luar biasa ini.

Baca Juga :

14. Star Wars: Knights of the Old Republic

Star Wars: Knights of the Old Republic (sering disebut sebagai KOTOR) merupakan game RPG petualangan yang mengambil waktu jauh sebelum kejadian Star Wars Trilogy. Kamu akan bermain sebagai Jedi muda yang mengikuti jalan cerita dan mengabil keputusan yang berpengaruh pada cerita akhir dimana kamu menjadi Jedi atau Sith Lord.

Ada lebih dari 40 kekuatan, beragam item untuk dirakit, dan banyak hal yang bisa dilakukan. Game ini memiliki elemen gameplay RPG yang apik seperti Fallout jadi kamu akan betah memainkannya di rumah. Kelamahan game ini adalah bukan game kasual sehingga memainkanya agak sulit. Game ini juga memiliki cerita yang panjang.

15. Titan Quest

Titan Quest merupakan salah satu game aksi RPG yang sudah ada sejak dulu dan kini kembali hadir di Android. Game ini memiliki alur cerita yang panjang. Selain itu, ada 80 penjahat, 1200 item, 30 kelas karakter, dan 150 skill karakter.

Game ini bertempat di beberapa wilayah penduduk yang berbeda. Kamu akan mengunjunginya untuk mengalahkan penjahat. Game adaptasi ini sangat bagus untuk dikoleksi dan memiliki fitur penghargaan.

16. Final Fantasy XV Pocket Edition

Final Fantasy XV Pocket Edition merupakan hasil kompresan dari Final Fantasy terbaru yang dibuat untuk versi ponsel yang mengambil banyak cerita penting dan menghilangkan kebosanan dalam game RPG Jepang.

Pocket Edition merupakan perubahan dari RPG ke layar sentuh, menghadirkan grafis imut berbentuk chibi, certitanya masih sama dengan versi PS4 dan pertarungannya pun rumit. Game ini mmeilikichapter pertama yang bisa dimainkan gratis, sedangkan chapter berikutnya hanya dapat dimainkan dengan pembelian dalam aplikasi atau dari bundle.

17. Galaxy of Pen & Paper

Gunakan pedangmu untuk mengalahkan musuh di Galaxy of Pen & Paper, game ini merupakan game parodi RPG terbaru dari Behold Studios. Galaxy mempertahankan gaya seni retro pixel dalam Knights of Pen & Paper, begitu juga dengan humor yang mengocok perut, hanya saja sekarang aksinya berpindah ke luar angkasa.

Galaxy of Pen & Paper berfokus pada games sains fiksi, buku, dan bioskop dalam game parodi sci-fi. Selain itu gameplaynya memiliki banyak elemen pertarungan bergilir baru sampai yang lama dari seri Pen & Paper, seperti pertarungan luar angkasa, cerita yang bercabang dan aksplorasi antar planet.

18. 7 Mages

Game ini terinspirasi dari game RPG komputer klasik dan Kurusawa’s Seven Samurai, 7 Mages mangajak pemain mengendalikan 7 mage hebat yang berkumpul bersama untuk melindungi pulau Roven melawan banyak musuh.

7 Mages mirip sekali dengan Westwood klasik jaman dulu seperti Eye of the Beholder, juga mirip dengan game terbaru bernama Legend of Grimrock. Game ini menggabungkan pertarungan bergilir yang mendetail dan sistem magic yang rumit, petualangan penuh teka-teki, yang disajikan dengan apik, dengan rasa freemium. Bagian pertama game gratis untuk didownload, dan yang lainnya terbuka jika kamu membelinya.

19. Planescape: Torment Enhanced Edition

Planescape: Torment Enhanced Edition merupakan game komputer RPG klasik, menghadirkan Dungeons & Dragons dari abad pertengahan Tolkeinesque dan menggabungkannya dalam wilayah baru. Pemain menjelajahi dimensi tungku logam bernama Sigil, The City of Doors, dengan quest mengungkap kenangan yang hilang dari karakter tanpa nama dan menjawab pertanyaan: “Apa yang bisa mengubah sifat manusia?

Sepanjang perjalanan, kamu akan beraneka ragam kru pendamping, seperti tengkorak Morte yang bisa berbicara, Succubus suci Jatuh-Dari-Keagungan dan makhluk aneh lainnya. Edisi berikutnya memiliki cerita yang indah dan dialog yang menyentuh, dengan tampilan tatap muka yang mobile-friendly.

20. Banner Saga

Banner Saga 2 dibuat oleh pengembang bernama Stoic Studios, terinspirasi dari perjalanan Viking yang apik. Game ini merupakan game strategi taktik dan memiliki desain seni yang memukau. Pemain mengendalikan Iver si raksasa dan gerobak manusia dan pejuang Varl melarikan diri dari serangan patung Dredge, dan sepanjang perjalanan, dunia terlihat hancur.

Selama karakter melarikan diri agar selamat, game ini menampilkan cerita paralel dengan dengan Bolverk si pemarah dan prajuritnya Raven yang mengukir jalan dari darah dan api dalam perjuangannya untuk bertahan.

Game ini dilengkapi dengan pertarungan yang bervariasi dari prajurit dan musuh baru, dalam setiap pertarungan akan diperkenalkan cara mekanik baru dan kemampuan spesial untuk membuat pertarungan yang membosankan menjadi lebih seru dan berbeda.

21. Chaos Rings 3

Game ini merupakan edisi terbaru dari Square Enix dalam seri Chaos Rings yang menampilkan karakter lebih muda dan grafis yang bagus dengan elemen RPG yang lebih dan mekanik pertarungan yang lebih banyak.

Di benua New Paleo, penjelajah berkumpul bersama untuk melakukan perjalanan ke planet mutant, monster dan misteri, bernama Marble Blue. Chaos Rings III memiliki sistem kombo seperti sebelumnya dengan diperkenalan anggota dari pihak ketiga, dan sistem baru merakit Gene yang memberikan kemampuan spesial dan serangan elemen pada karakter.

22. Jade Empire

Aspyr membawa kembali genre RPG klasik di Android dengan menampilkan Jade Empire: Special Edition, seni bela diri wuxia akan ditunjukkan di game ini, pengembang game ini sebelumnya telah membuat game fenomenal seperti Dragon Age dan Mass Effect.

Pemain akan berperan sebagai murid Master Li yang memiliki kelebihan, kamu akan bertarung dengan Emperor dan musuh utamannya yaitu Lotus Assassin. Menggunakan bela diri wuxia, Jade Empire dapat melakukan banyak gerakan bela diri yang bisa digabungkan untuk mebasmi habis musuh. Pemain dapat menggeser atau menekan kontrol dengan mudah, game ini juga mendukung kontroller MFi.

23. Pocket Mortys

Di tengah diagram Venn yang ccocok untuk penggemar RPG dan seri kartun Rick and Morty, kamu akan menemukan Pocket Mortys, RPG lucu yang digabungkan dengan mengumpulkan karakter Pokemon dengan gameplay bergilir.

Dan tentu saja kamu juga bisa menemukan kelucuan di Cartoon Network yang muncul di sepanjang game, kamu juga kana mengumpulkan dan melatih lusinan Mortys yang tersebar di dunia. Update game ini juga banyak sehingga Mortys yang bisa dikoleksi akan lebih banyak juga.

24. Chroma Squad

Terinspirasi dari franchise Power Ranger dan tokosatsu Jepang yang bertopeng, kostum berwarna-warni dan penjahat yang berkostum unik, Croma Squad merupakan game RPG yang mengasyikkan dimana pemain menjalankan sendiri studio TV dan mengatur kostum yang dipakai setiap hero.

Game ini memiliki gameplay bergilir yang cocok digunakan untuk mengendalikan pasukan tokosatsu, dilangkapi dengan combo dan serangan akhir yang bagus. selain itu, kamu juga mendapatkan bisnis kecil seperti mengelola aktor studio, berinvestasi , membuat peralatan baru, dan mempertahankan bisnis agar terus berjalan.

Chroma Squad mungkin itdak memiliki ciri khas game buatan Behold Studios seperti seri game Pen & Paper, tapi game ini sangat menyenangkan dan bisa disebut sebagai game parodi.

25. King of Dragon Pass

King of Dragon Pass adalah game indah perpaduan antara bangunan kerajaan dan game RPG. Kamu bisa mengatur dewan sesukamu, dimana rakyatmu mengajukan klaim untuk diri mereka sendiri di sekitar Dragon Pass. kamu akan mengelola populasi klan, bertani, dan melakukan ekspedisi penjelajahan, semuanya kamu lakukan sambil bertahan dari sainganmu.

Yang spesial darigame ini adalah ada lebih dari 575 kejadian interaksi yang hadir dengan berbagai macam masalah perilaku, religi, dan diplomasi, dimana pilihanmu berpengaruh ( dan dipengaruhi) oleh karakter, ancamman klan dan reputasi.

26. Demon’s Rise 2

Bukan hanya eksklusif di iOS, Demon’s Rise juga memberikan pertarungan yang mengasyikkan dalam bentuk RPG. Kamu bisa bermain sebagai orang baik di awal permainan, atau melayani Demon Prince Morkarn setelah itu, Demon’s Rise berfokus pada pertarungan dan hack & slash RPG sambil membuat tim hero dan memimpinnya dalam campaign, mengumpulkan peralatan, emas dan exp.

Pertempurannya sangat menyenangkan dan didesain indah, dan dilengkapi sistem moral untuk bisa digunakan dalam pertempuran dan mematahkan semangat musuhmu.

Terdapat banyak tingkat kesulitan level, misi sampingan dan opsi kekayaan karakter yang ditambahkan untuk bisa dimainkan lagi. Versi gratisnya membuatmu bisa memainkan tiga misi dengan gratis, setelah itu kamu harus membelinya agar bisa melanjutkan.

27. The World Ends With You

The World Ends With You: Solo Remix merupakan game buatan Square Enix yang mendapatkan kritik positif dan diklaim dari Nintendo DS. Memiliki grafis yang penuh warna dan RPG Jepang yang kelam.

The World Ends With You: Solo Remix memberimu tugas untuk mengendalikan Neku, laki-laki yang terjebak di distrik Shinjuku di Tokyo dan terpaksa bertarung agar bisa bertahan hidup. Menampilkan pertarungan layar sentuh yang beragam, sountrack yang menakjubkan dan gaya visual yang unik.